Sunday 1 January 2017

Cara Memasang Tachometer ( RPM Meter ) Variasi / aftermarket

Kali ini saya akan memposting bagaimana cara memasang tachometer variasi sendiri.

Gambar tachometer variasi tipe analog


Spesialis panggilan nissan jakarta

Tachometer adalah alat untuk mengetahui putaran mesin pada kendaraan motor baik motor maupun mobil. Dipasaran ada tachometer analog maupun digital, dan keduanya sama2 penggunaanya maupun pemasangannya. Tapi ingat trick ini tidak dianjurkan untuk kendaraan yang sudah injeksi karena jika salah pemasangan akan mengakibatkan konsleting pada ecu.

Gambar tachometer variasi tipe digital

Langsung saja bagaimana pemasangannya, lets go. 

Ada 5 kabel yang yang terdapat pada tachometer variasi, yaitu 2 kabel warna merah, 2 kabel warna hitam dan 1 lagi kabel warna hijau. Selanjutnya penyambungannya yaitu :

Kabel merah jadikan satu sambungkan pada output kunci kontak dan juga kabel hitam jadikan satu sambungkan pada ground atau negatif aki. Tinggal sisanya yaitu kabel warna hijau sambungkan pada input positif koil, untuk penyambungan pastikan kuat agar tidak terjadi penurunan perfirma motor yang diakibatkan penyambungan yang kendor.

Hidupkan kendaraan dan lihat tattatatata tachometer sudah berfungsi. 

Tapi ingat itu jika warna kabel sama seperti yang diatas, ada juga tachometer variasi dengan warna kabel sebagai berikut: warna kabel merah dan hitam dibungkus jadi satu dan itu adalah kabel untuk lampu background tachometer. Sambungkan kabel merah pada positif kunci kontak dan hitam satunya pada ground. Jika penyambungan benar maka saat kontak on maka lampu tachometer menyala.

Selanjutnya warna kabel lainnya yang tidak dibungkus yaitu warna kabel hitam, kuning dan hijau. Warna hijau sambungkan pada ground, kuning pada positif kontak, dan hitam pada positif koil.


Wiring Pemasangan Tachometer

Untuk cara diatas bisa diaplikasikan jika warna kabel sama dan tachometer yang sama. Jika tidak sesuai dengan warna kabel dan jenis diatas maka gak usah bingung karena bisa dengan cara coba2.

Pertama cari kabel untuk lampu background tachometer. Seperti yang sudah saya sebutkan diatas kabel background biasanya terbungkus sendiri, kalaupun tidak terbungkus biasanya memiliki panjang kabel yang berbeda dengan lainnya.

Yang kedua kabel sisanya yaitu tiga kabel, cara penyambungannya dengan teknik coba2. Tapi yang perlu diingat untuk teknik coba2 selalu sampung ground terlebih dahulu, selanjutnya positif kontak dan yang terahir positif koil. Dan lakukan pengetesan jika salah lakukan rotasi kabel tapi tetap diingat urutannya seperti diatas.

Terimakasih semoga bermanfaat oklek.

Tambahan :
Tachometer variasi paling cocog buat motor 4 tak dengan satu silinder karena pembacaan akan akurat.
Untuk motor 2 tak dengan satu silider pembacaan akan 2 kali lipat dari putaran sebenarnya.
Untuk mobil 4 silinder dengan 1 koil untuk semua silinder maka pembacaan akan terbaca 4 kali lipat putaran sebenarnya , namun biasanya tiap mobil dilengkapi loop wire atau kabel untuk penyetelan timing.
Untuk mobil 4 silinder dengan 1 koil tiap silinder maka pembacaan akan akurat karena tiap silinder satu koil.


IKLAN DULU BRO

AUTO ACCESSORIES MOTOR

TERIMA PANGGILAN PEMASANGAN AKSESORIS BAIK MOTOR MAUPUN MOBIL KHUSUS DAERAH JAKARTA SELATAN DAN SEKITARNYA TAPI JANGAN JAUH2 JUGA Y HEHHEHEH.
HUBUNGI WA 085778171613
                     BBM 5E1922A1


AUTO NISSAN DATSUN SPECIALIST



TERIMA JUGA SERVIS PANGGILAN NISSAN DATSUN SPESIALIS BAIK MESIN, KELISTRIKAN DAN LAIN SEBAGAINYA KHUSUS JUGA DAERAH JAKARTA SELATAN DAN SEKITARNYA. DIJAMIN KUALITAS BENGKEL RESMI HARGA BENGKEL UMUM HEHEHHE.
HUBUNGI WA 085778171613
                    BBM 5E1922A1


AUTO NISSAN DATSUN SPAREPART 



TERIMA JASA PESANAN ATAU ORDERAN SPAREPART KENDARAAN NISSAN BAIK ORIGINAL MAUPUN KW BRO,TAPI KALAU YANG KW HARUS SABAR BRO, KARENA BARANG KW NISSAN SANGAT SUSAH PENCARIANNYA MAKA DIMOHO AGAK SABARAN DIKIT HEHHEHE.
HUBUNGI WA 085778171613
                    BBM 5E1922A1


IMRON MEBEL ACCESSORIES

TERIMA PEMESANAN JAM DINDING UNIK DAN KREATIF TERBUAT DARI KAYU PILIHAN. CONTOH LIHAT DIBAWAH NOH.



MASIH BANYAK CONTOH LAINNYA SEGERA HUBUNGI NO DIBAWAH SONO.
BENTUK BISA SESUAI PEMESANAN MASING2 BISA DIATUR 
HARGA UNTUK BENTUK  DIATAS 80RIBUAN PER BARANG BELUM BIAYA KIRIM 
UNTUK HARGA BENTUK PESANAN 100RIBU PER BARANG BELUM BIAYA KIRIM
MINAT HUBUNGI LANGSUNG 
        WA 085778171613
        BBM 5E1922A1

13 comments:

  1. numpang brtnya gan.... tp klo jenis Tachometer ( RPM Meter ) Variasi / aftermarket ttp masi bisa diaplikasikan untuk motor injeksi ato tidak??

    ReplyDelete
  2. Tutorial yang keren gan, ane baru paham cara pasang RPM nya, tapi bener agan, banyak variasi RPM di luar yang berbeda warna kabelnya. :D

    ReplyDelete
  3. pasang di motor beat fi 2016
    bisa.gan

    ReplyDelete
  4. bisa pasang di motor beat fi 2016.gan

    ReplyDelete
  5. om ini ada juga kabel warna . dua putih. satu merah. satu hijau . satu kuning .satu hitam. digital RPM dan minyak . gmna ni om masang nya . makasih

    ReplyDelete
  6. misi suhu mau nanya saya beli fuel meter + rpm digital led + seven segment.
    ada 6 kabel yaitu ; merah,hitam, hijau, kuning, putih dan putih........(putihnya 2 kabel) mohon pencerahannya suhu, thanks

    ReplyDelete
  7. Klo utk rpm putaran mesin ngadat tidak bergerak , tp utk km dan yg lainya berfungsi di mobil kuda, itu kabel yg mana yg hrs di cek om? Terima ksh ats bantuanya.

    ReplyDelete
  8. Klo utk rpm putaran mesin ngadat tidak bergerak , tp utk km dan yg lainya berfungsi di mobil kuda, itu kabel yg mana yg hrs di cek om? Terima ksh ats bantuanya.

    ReplyDelete
  9. tachometer variasi tipe digital
    saya ada 6 kabel gan.saya sudah coba masang.rpm aktif cuman indikator bensinnya nyala,tapi tidak mau naik,indi kator bensin saya yang standar berjalan normal,apa masalahnya pada indikator bensin variasi bos

    ReplyDelete
  10. makasih om infonya sangat bermanfaat
    http://furnitureinhome.com/meja-makan-minimalis-6-kursi-jepara

    ReplyDelete
  11. Akhirnya Tachometer ane terinstall. Thx gan tutornya👍🏻

    ReplyDelete